1. Pengertian Analisis SWOT
Analisis SWOT adalah indikasi
berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan.
Analisis ini didasarkan pada logika yang dapat memaksimalkan kekuatan (Stengths)
dan peluang (Opportunities), namun secara bersamaan dapat meminimalkan
kelemahan (Weaknesses) dan ancaman (Threats).
Tujuan utama perencanaan strategi adalah untuk
memperoleh keunggulan bersaing dan memiliki produk yang sesuai dengan keinginan
konsumen dan dukungan yang optimal dari sumber daya yang ada.
Analisis SWOT secara sederhana
dipahami sebagai pengujian terhadap kekuatan dan kelemahan internal sebuah
organisasi, serta peluang dan ancaman lingkungan eksternalnya.
Proses pengambilan keputusan
strategi selau berkaitan dengan pengambilan misi, tujuan, strategi dan
kebijakan perusahaan. Dengan demikian perencanaan strategi harus menganalisis
faktor-faktor perusahaan (kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman) dalam
kondisi yang ada saat ini.
Faktor eksternal adalah faktor
lingkungan luar perusahaan baik langsung maupun tidak langsung. Faktor
eksternal ini dapat berdampak positif ataupun negatif bagi perusahaan, artinya
ada yang memberikan peluang dan sebaliknya ada yang memberikan ancaman. Faktor internal
adalah lingkungan yang berada dari dalam perusahan itu sendiri. Faktor inilah
yang menunjukkan adanya kekuatan atau kelemahan perusahaan itu sendiri, baik
yang sudah lampau, kini maupun yang akan datang.
2. Tujuan, Manfaat dan Fungsi Analisis
SWOT
a. Tujuan Analisis SWOT
Analisis SWOT mengarahkan analisis strategi dengan cara
memfokuskan perhatian pada kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses),
peluang (opportunities) dan ancaman (threats) yang merupakan hal
yang kritis bagi keberhasilan perusahaan. Maka perlunya identifikasi terhadap
peluang dan ancaman yang dihadapi serta kekutan dan kelemahan yang dimiliki
perusahaan melalui telaah terhadap lingkungan usaha dan potensi sumber daya
perusahaan dalam menetapkan sasaran dan merumuskan strategi perusahaan yang
realistis dalam mewujudkan misi dan visinya.
Maka tujuan analisis SWOT pada
perusahaan adalah untuk membenarkan faktor-faktor internal dan eksternal
perusahaan yang telah dianalisis. Apabila terdapat kesalahan, agar
perusahaan itu berjalan dengan baik maka perusahan itu harus mengolah untuk
mempertahankan serta memanfaatkan peluang yang ada secara baik begitu juga
pihak perusahaan harus mengetahui kelemahan yang dihadapi agar menjadi kekuatan
serta mengatasi ancaman menjadi peluang.
b. Manfaat Analisis SWOT
Analisis SWOT bermanfaat apabila
telah secara jelas ditentukan dalam bisnis apa perusahaan beroprasi, dan arah
mana perusahaan menuju ke masa depan serta ukuran apa saja yang digunakan untuk
menilai keberhasilan manajemen dalam menjalankan misinya dan mewujudkan
visinya. Manfaat dari analisis SWOT adalah merupakan strategi bagi para stakeholder
untuk menetapkan sarana-sarana saat ini atau kedepan terhadap kualitas
internal maupun eksternal.
c. Fungsi Analisis SWOT
Ketika suatu perusahan mengorbitkan
suatu produk tentunya pasti telah mengalami proses penganalisaan terlebih
dahulu oleh tim teknis corporate plan. Sebagian dari pekerjaan
perencanaan strategi terfokus kepada apakah perusahaan mempunyai sumber daya
dan kapabilitas memadai untuk menjalankan misinya dan mewujudkan visinya.
Pengenalan akan kekuatan yang dimiliki akan membantu perusahaan untuk tetap
menaruh perhatian dan melihat peluang-peluang baru. Sedangkan penilaian yang
jujur terhadap kelemahan-kelemahan yang ada akan memberikan bobot realisme pada
rencana-rencana yang akan dibuat perusahaan.
Maka, fungsi dari analisis SWOT
adalah untuk menganalisa mengenai kekuatan dan kelemahan yang dimiliki
perusahaan yang dilakukan melalui telaah terhadap kondisi internal perusahaan,
serta analisa mengenai peluang dan ancaman yang dihadapi perusahaan yang
dilakukan melalui telaah terhadap kondisi eksternal perusahaan.
2 opmerkings:
ijin bookmark ya buat tugas.
Terimakasih, apakah analisa SWOT ini bisa digunakan untuk menentukan context of organization ? bagaiamna caranya ? sehingga akan bermanfaat bagi level strategic suatu organisasi. Mohon pencerahan.
Training Auditor
Plaas 'n opmerking