inilah cara yang benar ketika kita memijat bayi

Cara Memijat Bayi yang Tepat
Sapa yang tidak senang dipijat? mulai dari orang dewasa hingga anak-anak, sampai bayi pun suka dipijat, asal dengan cara yang benar. Dalam pemijatan bayi diperlukan cara yang tepat. Selain itu, sentuhan yang diberikan dipercaya dapat meningkatkan kontak bathin serta jalinan kasih sayang antara ibu atau ayah dengan si bayi.
Untuk pemijatan pada bayi diperlukan waktu yang tepat, tidak tergesa-gesa, rileks. Jangan memijat bayi setelah si bayi makan atau minum susu. Siapkan alas yang bersih dan nyaman untuk bayi Anda, siapkan pula baby oil, minyak telon atau minyak nabati lainnya. Juga jangan lupa cuci tangan Anda terlebih dahulu, dan lepas perhiasan yang bisa memungkinkan menggores tubuh bayi Anda. Jangan sampai kuku Anda melukai bayi Anda.
Letakkan bayi Anda dengan posisi terlentang, ajak dia bicara, karena selain berkomunikasi, bayi Anda akan lebih sedikit tenang jika diajak bicara.
1. Pijat Dada Bayi Serong ke Bawah
Pijat dada sebelah kanan ke arah perut sebelah kiri, lakukan dengan lembut namun tegas dengan ujung jari Anda. Ulangi untuk bagian dada kiri. Ini berfungsi untuk memperkuat jantung dan paru-paru

Pijat Dada ke Arah Perut
Setelah itu, pijat dada bagian tengan ke arah perut, dengan kedua tangan bergantian. Pijat dengan lembut. Fungsi nya sama dengan pijatan pertama.
3. Pijat dada bentuk Love
Langkah selanjutnya, masih pijat di bagian dada. Pijat dengan kedua tangan membentuk LOVE dan berujung di perut. Lakukan dengan rileks sambil berkomunikasi dengan bayi Anda, karena biasanya di daerah ini bayi Anda akan merasa geli dan banyak gerak.
Kemudian, untuk pijatan perut, caranya sama seperti pada gambar nomor 2, tetapi dimulai dari tengah dada (ulu hati) ke arah pusar. Pijat dengan kedua tangan bergantian. Berfungsi untuk melancarkan pencernaan dan mengurangi sembelit.
Langkah selanjutnya, pijat bagian perut, di daerah pusar membentuk huruf “n”. Pada bagian ini pijat dengan lembut menggunakan ujung jari.
Pemijatan selanjutnya daerah punggung, balikkan badan bayi Anda tengkurap. pijat perlahan mulai dari punggung menuju pantat bayi. Pemijatan menggunakan telapak tangan Anda. Berfungsi untuk menguatkan otot belakang bayi.
Pijatan pada punggung atas
Lakukan pijatan pada punggung bagian atas, dari arah leher menuju ke tangan kanan atau kiri, bergantian.
Selanjutnya pijatan bagian panggul, gunakan menggunakan empat ujung jari Anda. dari arah tengah menuju perut.
Langkah berikutnya bagian wajah, usapkan dahi dan alis dengan kedua ibu jari dimulai dari tengah dahi ke arah ujung mata. Begitu pula bagian hidung. Kemudian mengusap lembut garis rahang dari luar dagu. Ini berfungsi untuk melemaskan otot wajah.

Pijatan pada telalpak kaki bayi
Pijatan selanjutnya pada kedua telapak kaki, pijatlah dengan lembut tapi tegas dengan menggunakan ibu jari Anda, Lanjutkan dengan pijatan lembut di jarinya.
Selanjutnya pijat dengan meggunakan telapak tangan Anda dari paha hingga betis, dengan gerakan seperti memeras tetapi dengan gerakan lembut. lakukan pada kedua kaki bayi Anda.
Kemudian pijat telapak tangan bayi Anda menggunakan ibu jari. lakukan pada kedua tangannya. Kemudian lakukan dengan pemijatan dari pangkal lengan hingga  pergelangan tangan, dengan gerakan seperti memeras. Lakukan dengan lembut.
Dengan pemijatan tersebut, bayi Anda akan tidur nyenyak dan melancarkan peredaran darahnya. Ini akan sangat baik bagi kelenturan tubuhnya dan perkembangannya.